Friday, October 29, 2021

Apakah Roh Kudus dan trinitas muncul dalam Perjanjian Lama?

 

Setelah menerbitkan makalah saya tentang Roh Kudus, jelaslah bahwa saya telah menegaskan bahwa Roh Kudus tidak meninggalkan bumi bersama gereja pada saat pengangkatan. Namun, itu menimbulkan pertanyaan lain:

Apakah Roh Kudus dan trinitas muncul dalam Perjanjian Lama?

Jawaban singkatnya adalah ya, tetapi ya adalah jawaban yang menyedihkan.

Saya menunjukkan ini dalam makalah tentang Roh Kudus tetapi ini dia lagi.

Kejadian 1:2  NASB “Bumi belum berbentuk dan kosong, gelap gulita menutupi samudera raya, dan  Roh Allah  melayang-layang di atas permukaan air.”

Roh  adalah kata Ibrani  rûach  dan berarti  angin, nafas, pikiran, dan roh.

Pikiran Anda, ini adalah Roh dari Allah yang hidup, dan, bagian dari trinitas. Jadi mari kita lihat apakah saya dapat menemukan bukti dari pernyataan ini.

Kejadian 1:2 menunjukkan bahwa Allah memiliki Roh, atau seperti Yesus, mewakili Bapa/Allah sebagai Anak.

Yesaya menyatakan bahwa ada Roh yang bekerja melalui dia di samping Bapa.

Yesaya 48:16  NLT “Datanglah lebih dekat, dan dengarkan ini. Sejak awal, saya telah memberi tahu Anda dengan jelas apa yang akan terjadi. ” Dan sekarang TUHAN Yang Berdaulat  dan Roh-Nya  telah mengutus aku dengan pesan ini .”

Kitab Kejadian, pasal 6, berbicara tentang kehancuran bumi yang akan datang, menjelaskan bagaimana Tuhan sepenuhnya bermaksud untuk membunuh semua manusia yang memiliki “nafas kehidupan” di dalamnya.

Kejadian 6:17  MKJV “Dan lihatlah! Aku, bahkan Aku, membawa banjir air ke bumi untuk menghancurkan semua daging (yang merupakan  nafas kehidupan ) dari bawah langit. Segala sesuatu yang ada di bumi akan mati.”

Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa membaca ini sebagai Tuhan membunuh segelintir kecil yang memiliki nafas, atau roh Tuhan, di dalamnya; bukan itu masalahnya, karena setiap manusia memiliki  rûach Tuhan di dalam dirinya  .

Genesis 6:5  NASB Kemudian dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa setiap niat hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata.

Seperti yang dapat Anda duga dari skenario Kejadian, tidak semua orang memberikan kebebasan kepada roh itu untuk menguasai pikiran, lidah, dan tindakan mereka.

Ayub 26:13 a mengatakan kepada kita bahwa  Roh-Nya menjadikan langit indah.

Yesaya, berbicara tentang Yesus, menyatakan bahwa Allah akan menaruh roh-Nya ke atas-Nya, dan Dia melakukannya dalam waktu sekarang, seolah-olah itu sudah selesai.

Yesaya 42:1  NASB "Lihatlah, Hamba-Ku, yang Kujunjung; orang pilihan-Ku yang disenangi jiwa -Ku. Roh-Ku Kucurahkan ke atas-Nya ; Dia akan menegakkan  keadilan bagi bangsa-bangsa.

Saat kita masuk ke dalam Perjanjian Baru, istilah tersebut bergeser ke bahasa Yunani.

Matius 3:16  NASB Setelah dibaptis, Yesus segera keluar dari air; dan lihatlah, langit terbuka, dan dia melihat Roh Allah turun seperti burung merpati dan menerangi-Nya,

Mengapa penting untuk memahami bahwa dengan migrasi ke dalam Perjanjian Baru kita sekarang melihat kata Yunani untuk Roh?

Dalam upaya mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah Roh Kudus dan Trinitas dalam Perjanjian Lama. Saya memiliki pemahaman bahwa bahasa Yunani tidak diterjemahkan dengan baik ke dalam bahasa Ibrani, jadi saya harus mencoba menemukan hubungan yang akan membantu saya menemukan jawaban dari Perjanjian Lama.

Kata yang  digunakan Matius untuk Roh adalah  pneúma;  dan seperti kata Ibrani  rûach ,  berarti  nafas . Meskipun itu tampak seperti penemuan yang fantastis dan paralel yang solid, itu mungkin tidak menjawab pertanyaan.

Dalam  Wahyu 1:10 Yohanes berkata, “  Aku dikuasai oleh Roh pada hari Tuhan. Ketika saya melihat Kamus Studi Kata saya mendapatkan penjelasan yang mendalam, dan salah satu penjelasan itu condong ke kata-kata seperti ini: perasaan, momen, atau emosi. Karena Roh Tuhan, seperti yang didefinisikan oleh  rûach,  adalah nafas Tuhan, seperti apa rasanya? Bagi saya, momen seperti ini terjadi saat “ibadah”. Pada saat-saat inilah rasanya seolah-olah Roh mengambil napas saya; tidak dengan cara yang buruk, tetapi seperti dalam kegembiraan yang tidak dapat dijelaskan. Mungkin itu seperti ciuman pertama yang Anda dapatkan dari seseorang yang Anda cintai. 

Jadi John tersesat pada saat itu, dan dia menggunakan ungkapan itu, pada hari Tuhan. Terjebak di pulau ini, dia telah melacak hari-hari Sabat. Saya pikir saya akan menunjukkan bahwa karena kita cenderung percaya bahwa Alkitab kita ini adalah penemuan non-Yahudi; ternyata tidak. ) Tidak lagi menyadari sekelilingnya, dia mendengar suara di belakangnya berkata, “ Tuliskan di sebuah buku apa yang kamu lihat .”  Momen ini, yang dimulai sebagai periode yang tidak ditentukan untuk tersesat di hadirat Tuhan, akan menjadi sangat nyata ketika Yohanes akan melihat, dalam sebuah penglihatan, akhir zaman kasih karunia dan penangkapan gereja, penghakiman Tuhan. datang atas Israel dan bangsa-bangsa, dan kerajaan kekal akhirnya tiba saat Yesus datang kembali dengan kuda putih dengan semua orang kudus.

Saya sering mengatakan bahwa Perjanjian Baru lahir dari Perjanjian Lama. Apakah demikian halnya dengan Wahyu 1:10?

Ya, dan Yehezkiel memiliki pengalaman serupa.

Yehezkiel 37:1  NASB “Tangan TUHAN ada di atas aku,  dan Ia membawa aku keluar oleh Roh TUHAN  dan menurunkan aku di tengah lembah; dan itu penuh dengan tulang.”

Yohanes memberi tahu kita bahwa dia ada di dalam Roh, sementara Yehezkiel mengatakan bahwa tangan Tuhan ada di atasnya. Dalam kedua kasus, para pria melihat penglihatan yang sangat jelas. Yehezkiel, seperti Abraham, dimasukkan ke dalam visi sebagai tokoh utama.

Memang, Roh dapat dilihat berinteraksi dengan manusia dan digambarkan tinggal di dalam manusia, yang kita lihat dalam deskripsi Yesaya tentang Yesus.

Sekarang, tentang trinitas, atau tiga persona Tuhan, atau mungkin karakteristik sifat Tuhan.  Sekali lagi kita beralih ke Yesaya.

Yesaya 6:8  CJB Lalu aku mendengar suara Adonai berkata, "Siapa yang harus kukirim?  Siapa yang akan pergi untuk kita? " Aku menjawab, "Aku di sini, utuslah aku!"

Perhatikan kedua singularitas ketika Yesaya berkata, saya mendengar  suara Adonai  berkata, siapa yang harus saya kirim; dan segera,  Adonai kemudian berkata, “siapa yang akan pergi untuk kita ?”

Apakah Anda mencatat pluralitas tentang Tuhan dalam kalimat yang sama?

Harus diakui,  Yesaya 6:8  tidak mendefinisikan siapa yang membentuk anggota tim, dan terlalu banyak dari kita menjadi sangat nyaman dengan istilah "trinitas" meskipun kata itu tidak dapat ditemukan dalam Alkitab, seperti pengangkatan. Namun, ide, konsep, dan tema yang mendukung trinitas ada di seluruh Alkitab.

Contoh? Langsung saja ke Genesis bab satu.

Kejadian 1:1-2  CJB Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. (2) Bumi belum berbentuk dan kosong, gelap gulita menutupi samudera raya,  dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.

Tanpa informasi tambahan apapun, kita dapat mengidentifikasi dua individu,  Tuhan dan Roh (Tuhan .) Sekarang, jika kita mengambil satu langkah penelitian lebih jauh, kita dapat menemukan Yesus; tapi kita harus pergi ke Injil Yohanes.

Yohanes 1:1-4  CJB “Pada mulanya adalah Firman;  Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.   (2) Dia bersama Allah pada mulanya. (3)   Segala sesuatu terjadi melalui dia, dan tanpa dia tidak ada sesuatu pun yang tercipta . (4) Di dalam dia ada hidup, dan hidup itu adalah terang manusia.”

Awalnya, kedengarannya seperti Tuhan sendirian, tetapi persepsi itu dengan cepat berubah ketika Anda melihat bahwa  Firman itu bersama Tuhan . Oke, bagus, saya mengerti, tapi bagaimana saya menjelaskan  Firman berada bersama Tuhan dan Firman itu adalah Tuhan . 

Jika saya mengambil informasi dari Kejadian 1:1-2, di mana saya melihat Allah dan Roh, di samping Injil Yohanes, saya memiliki integrasi penuh, atau seperti yang dikatakan beberapa orang, trinitas dalam tindakan.  Bagaimanapun, mereka semua adalah Tuhan dan kita perlu menyesuaikan pemikiran kita.

Jika saya memilih untuk menjadi argumentatif dan mengatakan bahwa Yesus telah aktif dalam Perjanjian Lama, saya dapat melakukan pencarian untuk “ malaikat Tuhan. Kejadian 18 adalah salah satunya.

Kejadian 18:1-2  NASB Sekarang  TUHAN menampakkan diri kepadanya  ( Abraham ) di dekat pohon-pohon ek Mamre, ketika dia sedang duduk di pintu kemah di tengah teriknya hari. (2) Ketika dia mengangkat matanya dan melihat, lihatlah, tiga orang berdiri di hadapannya; dan ketika dia melihat mereka, dia berlari dari pintu tenda untuk menemui mereka dan membungkuk ke tanah,

Perikop itu memberi tahu kita bahwa Tuhan menampakkan diri kepadanya,  tetapi apa yang digambarkan Abraham?  Dia menggambarkan tiga pria ( malaikat ) dan mengatakan ini kepada mereka.

Kejadian 18:3  NASB dan berkata, " Ya Tuhanku , jika sekarang aku mendapat kemurahan di mata-Mu, tolong jangan lewati hamba-Mu.

Abraham memanggil mereka sebagai Tuhanku  seolah-olah hanya ada satu yang perlu disapa  .

Setengah dari penerjemah menempatkan Lord dalam huruf kecil, dan kata Ibrani untuk  Lord , dalam hal ini, adalah  âdôn . Yang kuat memberitahu kita itu adalah f rom akar yang tidak terpakai (yang berarti  untuk  aturan ); berdaulat , yaitu  pengontrol  (manusia atau ilahi): -  tuan, tuan,  pemilik. Bandingkan juga nama yang dimulai dengan "Adoni-".

Hagar, hamba Sarah dan nyonya Abraham, bertemu Tuhan.

Genesis 16:6-9  NASB Tetapi Abram berkata kepada Sarai, "Lihatlah, pelayanmu ada dalam kekuasaanmu; lakukan padanya apa yang baik di matamu." Jadi Sarai memperlakukannya dengan kasar, dan dia melarikan diri dari hadapannya. (7)  Malaikat TUHAN menemukannya di  dekat mata air di padang gurun, di dekat mata air dalam perjalanan ke Syur. (8) Dia berkata, "Hagar, pelayan Sarai, dari mana kamu berasal dan ke mana kamu akan pergi?" Dan dia berkata, "Saya melarikan diri dari kehadiran nyonya saya Sarai." (9)  Kemudian malaikat TUHAN berkata kepadanya, "Kembalilah ke nyonyamu , dan serahkan dirimu kepada otoritasnya."

Menarik bahwa Hagar menggunakan kata Ibrani yang berbeda untuk menyebut malaikat yang berbicara kepadanya ini.

Ibrani adalah  e hovah  dan sarana  yang ) diri yang Ada  atau kekal; Yehuwa. 

Bagaimana dia tahu untuk memanggil Dia seperti ini?

Saya tidak benar-benar tahu jawaban untuk pertanyaan ini, tetapi sangat menarik bagaimana  Yesus  muncul dalam mimpi umat Islam dan mereka tahu bahwa itu adalah Dia.

Kitab Keluaran membuka kaleng cacing lainnya.

Keluaran 23:20-21  NASB "Sesungguhnya, Aku akan mengutus seorang malaikat sebelum kamu untuk menjaga kamu di sepanjang jalan dan membawa kamu ke tempat yang telah Kusiapkan. (21) Jagalah dirimu di hadapannya dan taatilah dia suara; jangan memberontak terhadapnya, karena dia tidak akan mengampuni pelanggaranmu, karena nama-Ku ada di dalam dia.

Dalam hal ini, itu hanya mengatakan "malaikat." Itu sendiri, tidak serta merta membuat saya berpikir bahwa  itu adalah Anak Allah, sebuah Kristofani , tetapi jika Anda memperhatikan ayat 21, dikatakan, “ karena nama-Ku ada di dalam Dia .” Seperti yang dikatakan Adam Clarke, “pernyataan ini menunjukkan bahwa Dia bukan orang yang bisa dianggap enteng.”

Ulangan 6:4  NASB "Dengarlah, hai Israel! TUHAN adalah Allah kita, TUHAN itu esa!

Mengapa Tuhan merasa perlu untuk mendefinisikan bahwa Dia adalah satu?

Lihatlah bagian ini dengan nomor Strong.

Dengar, H8085  hai Israel: H3478  TUHAN H3068  Allah kita H430 adalah  satu H259  TUHAN: H3068  

Mendengar  adalah kata Ibrani shâma‛ ( shema ). Ini adalah akar primitif dan sarana untuk  mendengar dengan  cerdas  (seringkali dengan implikasi  perhatian, kepatuhan.

Tuhan  y e hôvâh. ( The)  diri Ada  atau  abadi ; Yehuwa , nama nasional Yahudi Tuhan:

Tuhan kita  adalah kata Ibrani ' lôhı̂ym . Ini adalah  Jamak dari H433dewa  dalam arti biasa; tetapi  secara khusus digunakan dalam bentuk jamak dari Tuhan yang tertinggi  ;  

Kejadian 1:26a memberi tahu kita bahwa Allah berfirman,  “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar Kita, menurut rupa Kita .”

“ Kata "Elohim" dan kata ganti "kita" adalah bentuk jamak,  pasti merujuk dalam bahasa Ibrani untuk lebih dari dua . Meskipun ini bukan argumen eksplisit untuk Trinitas,  ini menunjukkan aspek pluralitas dalam Tuhan . Kata Ibrani untuk "Tuhan," " Elohim," pasti memungkinkan untuk Trinitas. ”  Apa yang Alkitab ajarkan tentang Tritunggal? GotQuestions.org


Saya menyebutnya berhenti di sini, bukan karena saya selesai karena saya tidak pernah selesai, tetapi saya telah menunjukkan bahwa Allah, Anak, dan Roh Kudus, telah aktif baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Anda mungkin telah menyadari bahwa risalah ini tidak dimaksudkan untuk non-Kristen, atau orang percaya baru, karena mereka sering tidak memiliki pengetahuan tentang hal-hal ini dan, sampai sekarang, melihat tidak perlu mengejar pemahaman seperti itu.

“Penelitian” ini muncul dari percakapan dengan saudara-saudara Kristen yang seharusnya mengetahui hal-hal ini; dan pengalaman singkat dengan seorang guru palsu, yang setiap minggu mencaci-maki pelajaran Alkitab pagi hari dengan “dosa-dosamu akan mengirimmu ke neraka.” Jadi, setelah bertahun-tahun mendengar kebingungan ini, tidaklah mengejutkan untuk mengetahui bahwa beberapa orang tidak memiliki pemahaman yang kuat tentang apa hubungan mereka dengan Tuhan, dan mereka masih bergumul dengan konsep dasar tentang kehidupan di dalam Kristus ini.


Jika Anda telah menerima Kristus dalam hidup Anda, maka Anda harus tahu bahwa Dia telah menato Anda di telapak tangan-Nya dan tidak akan membiarkan Anda pergi. Jika, Anda mengira Anda adalah orang percaya, dan mendapati diri Anda terjebak dalam masa murka Allah di mana gereja hilang; maka saya akan menyarankan agar Anda serius tentang iman, Roh Kudus, dan nama Yesus. Semua hal ini akan terus bekerja di samping keselamatan sesaat Anda. Pada waktunya, mereka akan menangkap Anda, terutama jika Anda berpegang pada kesaksian Yesus Kristus, mereka akan membunuh Anda; tetapi bersukacitalah, karena absen dari tubuh berarti hadir bersama Tuhan.


Jika Anda tidak memiliki jaminan keselamatan Anda, itu hanya karena Anda bermain alih-alih berdoa. Saatnya untuk serius. Mintalah Dia ke dalam hidup Anda sebelum murka itu datang.






No comments:

Post a Comment

Feel free to make a relevant comment. If approved, it will be posted.

Featured Post

Will we have to go through the tribulation?

Then I heard a loud voice from the temple, saying to the seven angels, "Go and pour out on the earth the seven bowls of the wrath of...